Postingan Populer

Minggu, 02 Desember 2018

pendidikan sebagai sistem

PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM

A. Makna Istilah 
Istilah Sistem berasal dari bahasa Yunani “ Systema“ yang artinya himpunan  dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berhubungan secara teratur  dan merupakan suatu kesatuan. 
sedangkan Pendekatan sistem berarti cara berpikir dan bekerja dengan menggunakan konsep-konsep teori sistem.  
Sistem didefinisikan sebagai suatu kesatuan dari berbagai elemen atau bagian-bagian yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai hasil yang diharapkan (Mudyahardjo,1993)
B. Karakteristik Teori sistem
    Teori sistem memiliki karakteristik diantaranya:   
     a. Keseluruhan bersifat primer, bagian-bagian bersifat sekunder.
     b. Integrasi adalah kondisi saling hubungan antara bagian-bagian
     c. Bagian-bagian membentuk keseluruhan
     d. Bagian-bagian memainkan peranan mereka dalam kesatuannya untuk mencapai tujuan dari keseluruhan.

C. Karakteristik sistem
     a. Memiliki tujuan
     b. Memiliki batas yang memisahkannya dari lingkungannya
     c. Memiliki sifat wholism (memiliki unsur/bagian/komponen yang saling berhubungan/ketergantungan sebagai suatu keseluruhan.)
     d. Ada proses transformasi, yaitu mengubah masukan jadi keluaran. 
     e. Memiliki sub sistem- sub sistem dan berhubungan dengan supra sistem. 
D. Tipe-tipe sistem: 
     Sistem memiliki tipe-tipe yang dibedakan menjadi 2, yaitu : 
      a. Ditinjau berdasarkan asalnya :
          -Sistem alami
          -Sistem buatan manusia
      b.  Ditinjau berdasarkan hubungannya dengan lingkungan:
          -Sistem terbuka
          -Sistem tertutup

E. Sistem pendidikan
     Usaha pendidikan merupakan proses yang kompleks, meliputi berbagai komponen yang
saling berhubungan;
Bila usaha pendidikan hendak dilaksanakan secara baik, maka berbagai komponen dan saling hubungannya perlu dikenali, dikaji dan dikembangkan sehingga mekanisme kerja antara komponen itu secara menyeluruh, yaitu kegiatan pendidikan, akan dapat membuahkan hasil yg optimal.

F. Unsur-unsur sistem pendidikan
    Proses pendidikan, khususnya pendidikan formal, pasti melibatkan peserta didik, pendidik,
kurikulum, program pendidikan & pembelajaran, fasilitas-fasilitas belajar, dan tidak ketinggalan pengaruh dari lingkungan, baik lingkungan sosial maupun lingkungan fisik.

G. Tujuan sistem pendidikan nasional
     a. Meningkatkan pembinaan SDM menjadi inndividu mandiri
     b. Meningkatkan taraf hidup
     c. Meningkatkan peran individu sebagai pribadi,pegawai/karyawan, warga masyarakat,warga negara, dan makhluk Tuhan.

H. Diagram sederhana Sistem Pendidikan 
 
                                                      instrumental output

                                                                     ↓
                                           raw input → proses →output
                                                                     ↑
                                                     environmental input 

I. Unsur-unsur sistem pendidikan
    - Raw input : individu dg karakteristik tertentu yang akan mengalami proses pendidikan.
    - Instrumental input : segala sesuatu yang sengaja diadakan atau dirancang untuk keperluan pendidikan (kurikulum, program, pendidik, dst.).
    - Environmental input : berupa lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial;
    - Output : peserta didik yang telah mengikuti proses pendidikan dalam waktu tertentu dan telah mengalami perubahan tingkah laku dengan kualifikasi tertentu (tujuan pendidikan).

J. Pendekatan sistem dalam pendidikan 
    Dalam pendekatan sistem pendidikan ada dua cara, yakni:
    a. Pendekatan Monodisipliner
       - Fragmental
       -  Partial
   b. Pendekatan multidisipliner
       -  Holistic
       -  Systemic

   Pendekatan sistem dalam pendidikan


        a. Masukan :
           - Tujuan                                                         -Fasilitas
           - Mahasiswa                                                  - Teknologi
           - Manajemen struktur dan jadwal waktu       - Kendali mutu
           - Materi                                                          - Penelitian
           - Tenaga mengajar dan pelaksana                  - Biaya pendidikan
           - Alat bantu belajar

        b. Proses:
             Interaksi fungsional antar sub sistem pendidikan (di sekolah/kampus & luar sekolah/kampus)

        c. Keluaran:
            Lulusan yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional (individu mandiri):
              - Mempunyai rasa percaya diri
              - Mempunyai budaya belajar di masyarakat.
              - Berperilaku kreatif
              - Inovatif
              - Berkeinginan untuk maju

K. Sistem pendidikan nasional
     a. Masukan : masyarakat indonesia
     b. Proses pendidikan
     c. Hasil pendidikan : manusia Indonesia yang taqwa,cerdas,terampil

Supra sistem: pembangunan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasil dan UUD 1945

L. Sistem pendidikan tinggi
     a. Masukan :
         - Calon mahasiswa
         - Dosen
         - Fasilitas dan sarana
         - Lingkungan
  
    b. Proses pendidikan
    c. Hasil pendidikan tinggi :
        - Lulusan PT yang profesional dalam berbagai bidang ilmu.

M. Analisis sistem pendidikan Indonesia dan hubungannya dengan supra sistem
      Supra sistem dari sistem pendidikan nasional Indonesia adalah keseluruhan kehidupan
masyarakat dalam bernegara dan berbangsa, yg men cakup masyarakat nasional domestik
sebagai lingkungan proksimal, dan masyarakat internasional sebagai lingkungan distal.

NASIONAL INDONESIA 


 TRANSFORMASI DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA 

ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA
 5 ELEMEN KUNCI DALAM PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM 
  


Demikian materi Pendidikan sebagai sistem kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

pict by:
https://slideplayer.info/slide/3646623/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar